30 April 2005

Pulang ke Jakarta

Sabtu, 30.04.2005

07.30 - 08.30
Makan pagi
08.30 - 11.30
Belanja / Acara Bebas
Pilihan :
Rafting atau Elephant Tour (Rafting dialihkan ke hari Jumat)
11.30 - 12.30
Makan siang di Villa Ladybamboo
12.30
Berangkat dari Ubud menuju Denpasar
15.15
Berangkat dari Ngurah Rai Denpasar

Setelah satu minggu kegiatan berlangsung, acara Study Tour dari para siswa kelas 10 Sekolah Internasional Jerman ke Ubud berakhir pada hari ini. Menjelang siang hari diisi dengan acara bebas.
Kamar Cowok
Saatnya bebenah, setelah satu minggu menempati kamar cowok.
Kamar Cewek
Kadang-kadang programnya terlalu melelahkan!
Di Teras
Tetapi terkadang bisa santai juga sambil ngemil dan ngegosip!
Siap berangkat
"Cendera-mata" dari Yayasan Putri Bambu dibagikan kepada para siswa DIS sebelum mereka meninggalkan Ubud.
Terima-kasih atas kunjungannya!

29 April 2005

Pesta bersama murid-murid Bali

Jumat, 29.04.2005

07.30 - 08.30
Makan Pagi
08.30 - 12.00
Kunjungan ke SMA Negeri 1 Payangan / Pertandingan Olahraga
12.30 - 13.30
Makan Siang di Villa Ladybamboo
15.00 - 17.00
Kursus Seni: Duck Painting
18.00 - 20.00
Makan Malam di Villa Ladybamboo
20.00 - 21.00
Presentasi

Malam perpisahan di Villa Ladybamboo dihadiri oleh siswa siswi dan para pengajar dari SMA Negeri 1 Payangan. Dalam kesempatan tsb. para siswa SMAN 1 mempersembahkan "joged bumbung" lengkap dengan orkestra gamelan bumbung (bambu) yang melibatkan para tamu untuk ikut serta menari dalam tari pergaulan Bali tsb.

Peter Dittmart, Wolfgang Widmoser berbincang dengan Bp. Drs. Sudama, David Kuper
Hadir pada malam itu pelukis "beken" Peter Dittmart dan teman seprofesinya pelukis Wolfgang Widmoser, hadir juga David Kuper (Rotary Ubud), Grace Tarjoto (Pengawas Yayasan Putri Bambu), Ayu Suter (Penasehat Hukum Yayasan Putri Bambu) dan masyarakat sekitar Villa Ladybamboo.

Putra Bar in Ubud
Sekitar pukul 20.30 para siswa Sekolah Internasional Jerman didampingi kedua pengajar menghabiskan malam terakhir di Putra Bar - Ubud.

Menjelajahi Alam dengan Rafting

Setelah kunjungannya di SMA Negeri 1 Payangan, para siswa melanjutkan kegiatan mengarungi sungai dengan perahu karet. Sepuluh siswa dengan didampingi seorang pengajar bergabung untuk menikmati kegiatan rafting bersama Sobek.


Mereka yang mengikuti acara tambahan ini sangat senang dan terkesan. Kegiatan water rafting ini sebelumnya tidak termasuk dalam program acara namun atas permintaan pengajar hal tsb. tetap kita penuhi.

Didampingi oleh Pemandu yang handal dan sangat berpengalaman dari Sobek Rafting

Walau di Bali tetap ke sekolah

Kunjungan ke SMA Negeri 1 Payangan adalah salah satu program yang terpenting dari kegiatan ini.


Sambutan dari Bp. Drs. Sudama - Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Payangan kembali menyampaikan permohonannya kepada Yayasan Putri Bambu sebagai pihak yang dapat menghubungkan dengan institusi dan lembaga masyarakat Jerman, untuk mendapatkan bantuan pengajaran Bahasa Jerman di sekolah tersebut. Dalam kesempatan tsb. disampaikan juga gagasan untuk pertukaran pengajar dengan Deutsche Internationale Schule (DIS) Jakarta. Seperti misalnya : pengajar Seni dari Bali untuk jangka waktu 1-2 bulan mengajar di Jakarta dan dalam waktu bersamaan pengajar dari DIS mengajar bahasa Jerman di Bali.

Bp. Drs. Sudama(Kep. Sek), Ibu Zinneker (DIS), Bp. Curdts (DIS), Bp. Suwena ( Pengajar SMAN 1), Bp. Rolle( Donatur SMAN 1), para siswa DIS dengan T Shirt kuning seragam dari Yayasan Putri Bambu.

Membangun hubungan antar siswa dengan program pertukaran pelajar sebagai bagian dari studi tour yang akan diadakan siswa kelas 10 tahun depan. Yayasan Putri Bambu menjembatani untuk rencana kerjasama ini sebagai proyek tambahan untuk SMA Negeri 1 Payangan yaitu di bidang pendidikan guru dan komunikasi internasional.


Bola Basket (Wanita)

Bola Volley (Pria)

Atas usul Bapak Curdts pertandingan sepak bola ditambahkan dalam acara pertandingan persahabatan, pertandingan Sepak Bola tsb. dimenangkan oleh DIS sedangkan pertandingan Bola Basket dan Bola Volley dimenangkan oleh tuan rumah.


Jerman hanya unggul dalam sepak bola

Setelah acara pertandingan olah-raga berakhir, selanjutnya rombongan dari DIS mendapat kesempatan untuk melihat lebih dekat kegiatan belajar mengajar dan kegiatan siswa SMAN 1 lainnya. Adapun kegiatan yang paling menonjol adalah kegiatan dalam kerajinan tangan.

Program Belajar di Bali: Olahraga, Komputer, Melukis und Karya

28 April 2005

Belajar seni di Ubud

Kursus di Museum Puri Lukisan
Bahkan ibu guru pun tidak mau ketinggalan...
Siswa-siswi sangat tertarik dengan kursus yang dapat mereka pilih sendiri seperti menari, musik dan kerajinan tangan yang dibimbing langsung oleh para pengajar yang ahli dibidangnya. Mereka dibagi dalam beberapa kelompok kegiatan sesuai dengan minat siswa. Ibu Zinnecker juga tidak ketinggalan untuk ikut serta dalam melukis topeng bahkan 2 topeng sekaligus.

Pelajaran kesenian tidak seperti biasanya: Membuat perhiasan manik-manik di Puri Lukian, diperlukan kesabaran.


Belajar meniup seruling


Belajar Menari Baris: setelah 3 jam sudah hampir mahir walaupun keringat bercucuran


Melukis dengan media Bambu di Villa